siti khusnul khotimah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
MELAYAT

MELAYAT

#TantanganGurusiana

Tantangan hari ke-81

MELAYAT

Innalilahi wa ina ilaihi rojiun. Kematian adalah tidur panjang bagi seseorang. Dia melepaskan ruhnya, kemudian menikmati alam yang berbeda. Sekuat apa pun fisiknya, kinu tampak lemah dan kaku. Dia mampu merespon ranhdanhan, tetapi tidak mampu mem erikan umpan balik walau sejedar senyum atau mengedipkan bulu mata.

Waktu kematian seseorang telah tercatat olehNya. Satu pun manusia tidak ada yang mampu menangguhkan kehadiran atau mempercepat datangnya. Namun sebab dan cara bisa dilalui karena peran dan tingkah laku dirinya. Ya setiap yang bernyawa akan mati. Matinya sesuai kebiasaan yang dilakukannya. Dan satu pun tidak bisa menebak waktunya.

Pagi hari, Ibu belum selesai memasak. Pengumuman bergantian dari toa yang satu ke toa yang lain dari beberapa masjid. Inna lillahi wa inna ilai rojiun. Seorang tenaga kependidikan telah meninggal dunia. Dia istri dari seorang guru SMA 1 Labuhan Haji. Meninggal bukan lantaran virus corona. Tetapi ada penyakit lain.

Layatan berjalan biasa. Hanya banyak tamu memakai masker, dan tidak lama mereka duduk. Para tamu segera meninggalkan lokasi kecuali petugas dan keluarga. Tetangga dekat pun tidak semua bisa bersamaan karena masing-masing memiliki tugas.

Demikian juga Ibu melayat tanpa banyak waktu. Sosial distancing . Terbayang jika kematian diri datang...ahhh semoga husnul khotimah. Karena itu adalah akhir yang indah. Akhir yang ditutup dengan kalimat Laa ilaaha illa Allah.

Sebuah pertanyaan diri, sudahkah bekal ini disiapkan untuk syarat permintaan sebuah kematian yang husnul khotimah? Apa saja yang sangat diprioritaskan saat ini baik yang dilaksanakan maupun yang ditinggalkan?

Sambil menghapus air mata, bibir ini bermohon. Jagalah diri dan keluarga ini dari panasnya api neraka Ya Rabb. Lamunan ini membuat kaki segera melangkah untuk berwudhu dan melaksanakan kegiatan yang lainnya. Segar sembari menarik nafas panjang yang dilengkapi istighfar.

"Dia yang meninggal itu semoga diampuni dosanya dan keluarga yang ditinggalkan dalam kesabaran." Kata Ayah yang lebih dahulu pergi melayat bersama para bapak.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantab buk

05 Apr
Balas

Mantab buk

05 Apr
Balas



search

New Post